Wikipedia:Artikel pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bantuan · Komunitas · Portal · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan
Bintang ini melambangkan artikel pilihan di Wikipedia.
Artikel pilihan adalah artikel-artikel terbaik di Wikipedia, yang ditentukan oleh komunitas. Sebelum dimasukkan ke dalam daftar ini, artikel-artikel tersebut dinilai dan dibahas di Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan, untuk memastikan keakuratan, kenetralan, kelengkapan, dan gaya penulisan, berdasarkan Wikipedia:Kriteria artikel pilihan.

Saat ini terdapat 355 artikel pilihan dari 612.608 artikel di Wikipedia, yang berarti ada satu artikel pilihan untuk setiap 1.726 artikel di Wikipedia.

Artikel yang berhasil mendapatkan status artikel pilihan akan diberikan bintang (Fairytale bookmark gold.svg) pada pojok kanan atasnya. Selain itu, apabila suatu artikel merupakan artikel pilihan di Wikipedia bahasa lain, akan diberikan bintang pada pranala interwiki di sisi kiri bawah artikel.

Hapus singgahan

Artikel pilihan
2004 2005
2006 2007
2008 2009
2010 2011
2012 2013
2014 2015
2016 2017
2018 2019
2020 2021
2022 2023
Menurut topik
Usulan

Artikel pilihan:

Artikel pilihan periode ini

Sampul The Age of Reason

The Age of Reason adalah pamflet yang ditulis oleh tokoh Revolusi Amerika Thomas Paine. Pamflet ini menentang institusi agama dan keabsahan kitab suci Kristen. The Age of Reason diterbitkan dalam tiga bagian pada tahun 1794, 1795, dan 1807, dan segera menjadi buku terlaris di Amerika Serikat serta menyebabkan kebangkitan deistik singkat. Namun, Britania Raya tidak menyambut pamflet ini dengan baik karena takut akan radikalisme politik yang disebabkan oleh Revolusi Prancis. The Age of Reason menyajikan argumen-argumen deistik umum; misalnya, Paine menekankan bahwa gereja Kristen sudah korup dan mengkritik upayanya untuk memperoleh kekuasan politik. Paine menganjurkan penggunaan nalar daripada memercayai wahyu, dan memandang kitab suci sebagai karya sastra biasa daripada kitab yang terilhami secara ilahi. Pamflet ini mendukung teologi alam dan keberadaan pencipta. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Penyatuan JermanTruth in Numbers?Vesna Vulović


Bendera Kekaisaran Jerman

Penyatuan Jerman menjadi negara yang terintegrasi secara politik dan administratif secara resmi berlangsung pada 18 Januari 1871 di Balai Cermin Istana Versailles di Prancis. Pangeran-pangeran negara-negara Jerman berkumpul untuk memproklamirkan Wilhelm dari Prusia sebagai Kaisar Wilhelm dari Kekaisaran Jerman setelah Prancis menyerah dalam Perang Prancis-Prusia. Transisi de facto sebagian besar penduduk berbahasa Jerman menjadi negara-negara yang tergabung dalam (kon)federasi telah berlangsung secara tidak resmi melalui aliansi resmi dan tidak resmi para penguasa — tetapi tanpa kemajuan yang berarti, karena kepentingan pribadi penguasa menghambat proses penyatuan selama hampir satu abad setelah pembubaran Kekaisaran Romawi Suci (1806) dan kebangkitan nasionalisme Jerman selama era peperangan Napoleon. Penyatuan ini menimbulkan ketegangan akibat perbedaan religius, linguistik, sosial, dan budaya penduduk Kekaisaran Jerman, sehingga peristiwa tahun 1871 hanya merupakan satu momen dalam serangkaian proses penyatuan yang lebih besar. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Truth in Numbers?Vesna VulovićRoekiah

Peta perluasan wilayah Dinasti Han pada abad ke-2 SM

Perluasan wilayah Dinasti Han ke Kawasan Selatan adalah serangkaian ekspedisi dan kampanye militer yang dilancarkan di kawasan yang kini menjadi bagian dari Tiongkok Selatan. Perluasan wilayah ke selatan sudah dimulai oleh Dinasti Qin dan berlanjut pada masa Dinasti Han. Dinasti Han melancarkan berbagai kampanye militer untuk menaklukkan suku-suku Yue, dan hasilnya adalah penguasaan wilayah Minyue pada tahun 135 SM dan 111 SM, wilayah Nanyue pada tahun 111 SM, dan Kerajaan Dian pada tahun 109 SM. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: The Age of ReasonPenyatuan JermanTruth in Numbers?

Artikel pilihan sebelumnya

Lihat pula